Minggu, 17 Juni 2012

Hasil Pemilu Yunani Positif, Harga Emas Stagnan

Greece_the_fed
Pagi ini harga emas stagnan setelah partai yang pro dana talangan / pro-bailout, yaitu partai New Democracy, memimpin hasil pemilu putaran kedua. Hal ini meredakan kecemasan bahwa Yunani akan keluar dari zona Eropa. Meskipun demikian, investor masih tampak ragu terhadap hasil pemilihan Yunani sehingga biaya peminjaman di Spanyol dan Italia masih mengancam perekonomian zona euro.

Spekulasi bahwa Federal Reserves (The Fed) akan mengucurkan stimulus lanjutan semakin kuat setelah data tenaga kerja AS terbaru menandakan bahwa ekonomi di Amerika belum membaik. Jika ada stimulus dimana Bank Sentral mengucurkan uang, maka harga emas akan naik. Sebelum krisis Eropa, emas selalu menjadi incaran sebagai aset safe haven. Namun saat krisis Eropa seperti ini, banyak yang lebih mempercayai dollar AS.

The Fed berencana melakukan pengucuran stimulus apabila pemenang pemilu adalah partai yang pro bailout dan menginginkan Yunani keluar dari zona euro. Padahal dengan keluar dari zona Euro tersebut, Yunani harus menanggung utang lebih besar lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar